Aplikasi Perekam Layar PC & Laptop Terbaik

Saat ini, merekam layar merupakan salah satu kebutuhan bagi sebagian besar orang. Misalnya saja bagi para gamer yang ingin merekam aktivitas saat bermain game PC, atau para YouTuber yang sering membagikan konten tutorial mengenai komputer.

Dengan merekam layar, kita dapat menambahkan berbagai macam hal dengan tersedianya berbagai fitur yang ditawarkan oleh aplikasi perekam layar.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan beberapa aplikasi perekam layar PC dan Laptop terbaik, berikut rekomendasi aplikasi rekam layar terbaik.

Aplikasi Perekam Layar PC & Laptop Terbaik

1. Fastone Capture

fastone capture

Aplikasi Fastone Capture merupakan aplikasi perekam layar terbaik karena memiliki file yang kecil hanya 4MB dan juga hasil record tersebut menghasilkan video yang detail, suara jernih, dan juga file yang dihasilkan tidak terlalu besar.

Dari pengalaman memakai fastone capture, baru kali ini menjumpai aplikasi perekam layar yang bagus dan juga ringan. Kalian perlu mencoba aplikasi tersebut dijamin deh bakal puas banget dengan hasilnya. Selain digunakan untuk capture foto dan video kalian juga bisa bisa mengeditnya dengan aplikasi fastone capture tersebut.

2. OBS Studio

OBS perekam layar PC terbaik

Aplikasi perekam layar tanpa watermark yang pertama adalah Open Broadcaster Software (OBS Studio), kamu dapat menggunakan OBS Studio untuk merekam video maupun broadcast video ke berbagai situs online secara langsung (live streaming).

Salah satu kelebihan yang dimiliki OBS Studio adalah dengan menghasilkan kualitas perekaman video dengan kualitas HD, aplikasi ini  juga mendukung video dengan format MP4 dan FLV. Selain itu kamu juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk streaming di berbagai macam platform seperti Twitch, YouTube, dan lainnya.

Terdapat berbagai macam fitur yang bisa kamu gunakan dalam aplikasi OBS Studio ini seperti fitur Scenes and Sources, dimana scenes sendiri adalah tayangan yang akan ditampilkan dalam live streaming, di dalam satu scene kita juga bisa punya  banyak sources yang akan mengkombinasikan input video dari kamera, grafis, dan juga media.

Selain itu kamu juga bisa memiliki beberapa scene untuk memudahkan perpindahan dari program satu ke program yang lain.

Selanjutnya ada juga fitur grafis dimana kita bisa menampilkan logo, picture in picture (PIP), dan juga Lower Third. Picture in picture sendiri digunakan untuk menampilkan layout kotak kecil ke dalam layout utama dengan ukuran layout PIP yang bisa kamu atur sesuai dengan kebutuhan.

Selain fitur di atas, ada juga fitur Studio Mode, dimana saat tab Studio Mode kamu klik, akan terdapat dua layout berbeda yaitu Program dan Preview. Di dalam layout Program kamu akan ditampilkan layout yang tampil dalam live streaming, sedangkan layout Preview akan menampilkan layout sebelum masuk ke live streaming.   

Untuk spesifikasi Pc atau Laptop sendiri kamu memerlukan perangkat dengan prosesor Intel i5 2000 series atau AMD FX series Dual Core processor, dengan minimal RAM 4GB dan juga memori VGA minimal sebesar 2 GB . OBS Studio sendiri bisa kamu gunakan dalam berbagai macam platform seperti Windows, Mac, dan juga Linux.  

3. Windows 10’s Built-in Game Bar

aplikasi perekam layar Windows 10

Aplikasi perekam layar bawaan windows 10 ini merupakan aplikasi perekam layar bawaan yang bernama game bar yang berguna untuk memonitor jalannya game dalam PC maupun Laptop.

Dengan aplikasi bawaan Windows 10 ini, kamu hanya perlu memainkan game dan menekan tombol Windows + G untuk memunculkan aplikasi ini, dimana terdapat berbagai jendela yang akan menampilkan informasi seperti performa GPU, CPU, RAM, dan juga FPS.

Aplikasi ini juga memungkinkan kamu untuk mengambil screenshot, menonaktifkan mic, dan juga memulai perekaman. Terdapat juga menu yang bisa menyimpan video layar selama 30 detik terakhir secara otomatis, ini merupakan rekomendasi terbaik bagi kamu yang hanya sekedar ingin merekam gameplay tanpa memerlukan futur video editor.

4. Bandicam

Bandicam

Aplikasi Bandicam merupakan aplikasi perekam layar yang hanya tersedia untuk perangkat Windows, aplikasi ini terkenal mampu untuk merekam video dengan kualitas tinggi, aplikasi ini juga mendukung penyimpanan video dengan format video AVI dan MP4

Bandicam menyediakan berbagai macam fitur dengan fitur unggulan yaitu kemampuan untuk menambahkan suara kamu ke dalam layar, kemampuan untuk menambahkan logo ke dalam video, dan kemampuan untuk menambahkan animasi saat perekaman berlangsung

Terdapat dua versi yang ditawarkan oleh Bandicam yaitu versi registered dan unregistered, dimana pada versi registered akan memiliki fitur yang lebih lengkap dan tanpa adanya batas waktu dalam perekaman, juga tidak adanya watermark.

Untuk persyaratan minimum spesifikasinya sendiri Bandicam bisa kamu jalankan dengan perangkat minimal Processor Intel Pentium 4 1.3 GHz atau AMD Athlon XP 1500+, dengan minimal RAM 512 MB, kamu bisa menjalankan aplikasi ini dalam platform Windows Vista, Windows 7, Windows8, Windows 10, dan juga Bandicam 2.3.1 untuk Windows XP. 

5. CamStudio

CamStudio

CamStudio merupakan salah satu aplikasi perekam layar PC ringan yang memungkinkan kamu untuk merekam layar dan audio dalam berbagai macam format file seperti AVI dan juga SWF. Aplikasi ini juga mendukung kamu yang ingin merekam layar sambil menampilkan wajah via webcam, aplikasi ini juga sepenuhnya gratis.

Aplikasi ini memiliki berbagai macam fitur yang bisa kamu gunakan seperti dapat menambahkan suara dengan kualitas tinggi tanpa adanya patahan, membuat keterangan layar rekaman dalam hitungan detik, kamu juga dapat mempersonalisasi video dengan memasukkan film webcam atau memasukkan picture in picture dari desktop. 

Selain 100% gratis, aplikasi ini juga merupakan salah satu aplikasi perekam layar terbaik dengan Open Source, dan juga tidak ada limit dalam perekaman layar, sehingga kamu akan merasakan kepuasan tersendiri dengan tidak adanya limit waktu yang terbatas.

CamStudio dapat kamu jalankan melalui perangkat dengan CPU Intel Pentium 4 1.8GHz Athlon XP 1700+ dengan GPU AMD Radeon X600 Series atau NVIDIA GeForce 210, dengan minimal RAM 1GB, Aplikasi ini juga dapat dijalankan dalam platform Windows XP, Windows Vista, dan juga Windows 7.

6. Action!

Action

Action! adalah salah satu aplikasi perekam layar PC dan Laptop yang mampu melakukan live streaming secara real time dan mampu merekam video yang sangat baik dengan resolusi HD.

Aplikasi Action! memiliki fitur esensial seperti merekam video maupun suara, selain itu terdapat juga fitur untuk mengambil gambar secara cepat (screenshot).

Aplikasi ini juga mendukung berbagai macam format video seperti AVI dan juga MP4 sehingga sangat cocok untuk selanjutnya disunting melalui aplikasi editing video seperti Adobe Premiere Pro.

Selain dapat digunakan untuk perekaman video kualitas HD dengan format video AVI dan MP4, kamu juga bisa menggunakan aplikasi ini live streaming ke berbagai macam platform YouTube atau Facebook.

Aplikasi Action! bisa kamu gunakan dengan perangkat dengan spesifikasi minimal processor Intel Core 2 Duo 2.0 GHz processor or equivalent, dengan minimal RAM sebesar 1GB dan memori minimal 1GB Free Disk Space.

Kamu bisa menjalankan aplikasi ini pada platform Windows Vista, Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, dan juga Windows 10.

7. TinyTake

TinyTake

Tiny Take merupakan salah satu aplikasi perekam layar terbaik yang dikembangkan oleh developer MangoApps, aplikasi ini mungkin bisa menjadi salah satu alternatif bagi kamu yang mau download aplikasi perekam layar PC.

Selain gratis, aplikasi Tiny Take juga dibekali dengan berbagai macam fitur menarik dan tentunya sangat bermanfaat. Selain itu, tampilannya juga sederhana dan mudah untuk digunakan, pengaturan perekamannya pun cukup mudah dan dapat mudah dipahami bagi kamu yang masih pemula.

Untuk spesifikasinya sendiri kamu membutuhkan perangkat dengan processor minimal Intel atau AMD Dual Core processor or equivalent, dengan RAM minimal 4GB. Tiny Take bisa kamu jalankan dalam platform Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, dan juga Windows 10. 

8. Camtasia

Camtasia

Jika kamu ingin download aplikasi perekam layar mb kecil dan gratis, Camtasia bisa menjadi salah satu solusinya. Aplikasi yang dikembangkan oleh developer TechSmith ini dikenal sebagai salah satu aplikasi all in one terbaik dikarenakan menyediakan berbagai macam fitur edit video dan screen recorder dalam satu aplikasi.

Dalam aplikasi Camtasia sendiri terdapat berbagai macam mode perekaman layar yang bisa kamu pilih seperti entire screen, a region, specific dimensions, an application, dan juga a window. Selain itu Camtasia juga tergolong mudah untuk dioperasikan.

Selain itu, Camtasia mempunyai kemampuan dalam menyimpan video hasil dari rekaman dalam 3 tipe yaitu menyimpan file dalam bentuk video dengan format AVI, mpg, dan juga wmp yang dimana dapat diputar dimedia player atau Quick Time, yang kedua kamu dapat menyimpan video dalam bentuk Macromedia Flash Player yang mempunyai tipe extension SWF dimana kamu dapat menjalankan tipe ini dengan program Macromedia Flash Player, dan yang terakhir kamu bisa menyimpan video dalam bentuk html, dimana kamu dapat mengakses dalam browser internet sehingga pengguna media pembelajaran interaktif ini dapat diakses melalui internet.

Selain itu, dalam aplikasi Camtasia juga terdapat 4 kontrol utama yaitu yang pertama adalah kontrol Record, dimana berfungsi untuk merekam aktivitas atau kegiatan dalam desktop, yang kedua adalah kontrol Procedure, dimana berfungsi untuk memproduksi hasil rekaman, selanjutnya ada kontrol Edit, yang berfungsi untuk mengedit hasil rekaman, dan yang terakhir adalah kontrol Share, yang berfungsi untuk membagikan hasil record yang telah dibuat ke dalam bentuk DVD, CD, MPEG, IPOD, IPHONE, atau menyimpan ke dalam blog atau web.

Camtasia dapat kamu jalankan dengan perangkat minimal processor 6th Generation Intel Core i3 atau 1st Generation AMD Ryzen 3, dengan minimal RAM 8GB dengan memori 4GB of available disk space.

9. AceThinker

AceThinker

AceThinker merupakan salah satu aplikasi perekam layar PC atau Laptop yang dapat kamu jalankan pada platform Windows dan juga Mac yang memiliki tampilan yang sederhana dan tergolong mudah untuk digunakan.

Hampir sama seperti aplikasi perekam layar pada umumnya, aplikasi AceThinker memungkinkan kamu untuk merekam seluruh area layar maupun area tertentu saja, selain itu kamu juga bisa merekam audio secara langsung maupun dengan menggunakan mikrofon eksternal.

Hasil rekaman layar pada aplikasi ini dapat dikonversi ke dalam berbagai macam format video seperti AVI, MOV, dan juga MP4, kamu juga dapat langsung mengupload video hasil rekaman ke berbagai situs seperti YouTube dan juga Google Drive, AceThinker sendiri menyediakan dua macam versi yang dapat kamu gunakan yaitu versi gratis dan versi berbayar.

Untuk pengoprasiannya sendiri, kamu dapat menjalankan aplikasi ini dalam perangkat dengan minimal CPU 1GHz, dengan RAM minimal 512 MB,  aplikasi AceThinker dapat kamu gunakan dalam platform Windows 7, Windows 8, Windows 10, dan juga Mac OS X 10.8 atau lebih.

10. ShareX

ShareX

ShareX merupakan aplikasi perekam layar yang sangat cocok bagi kamu yang sedang mencari aplikasi perekam layar PC tanpa watermark, aplikasi open source ini menyediakan berbagai macam fitur pendukung mulai dari fitur anotasi hingga berbagai metode perekaman layar yang sangat beragam.

Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan kamu untuk merekam layar tanpa batas waktu dan bisa menyimpannya ke dalam format GIF. Aplikasi ShareX juga aplikasi yang bisa digunakan secara gratis, tanpa iklan, tanpa watermark, dan juga memiliki fitur yang beragam dan sangat menarik.

Untuk minimum spesifikasinya kamu bisa menjalankan aplikasi ini dalam perangkat dengan minimum CPU Intel Core 2 Duo E8400, GPU NVIDIA GeForce 510, dengan minimal RAM 1GB, dan memori 150MB Free Disk Space. Aplikasi ShareX bisa kamu jalankan dalam platform Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, dan juga Windows 10.

11. VideoProc

VideoProc

Aplikasi perekam layar PC terbaik yang terakhir adalah VideoProc, kamu bisa mengandalkan aplikasi ini untuk keperluan meeting, live streaming, panggilan skype, webinar, dan masih banyak lagi.

Kamu juga dapat merekam layar secara fleksibel dengan menentukan area yang akan direkam, apakah keseluruhan layar atau hanya area tertentu saja, selain itu, VideoProc juga menawarkan fitur Premium secara Gratis.

Salah satu fiturnya adalah Green Screen yang dapat kamu gunakan untuk menghapus background dan menggantinya sesuai dengan keinginan, kamu juga bisa mengedit layar dan menambahkan catatan, memberi efek visual atau audio, bahkan memberikan subtitle.

Setelah itu kamu bisa menyimpan hasil rekaman dan membagikannya ke berbagai macam platform seperti Youtube dan Facebook, aplikasi ini juga mendukung konversi format file lebih dari 30 jenis file audio maupun video.

Akhir Kata

Di atas adalah rekomendasi 10 aplikasi perekam layar PC dan laptop yang bisa kamu gunakan untuk menangkap rekaman layar. Mulai dari aplikasi yang bisa digunakan secara gratis, aplikasi bawaan Windows, hingga aplikasi premium yang mengharuskan kamu untuk berlangganan dan membayar sejumlah uang.

Silahkan pilih salah satu dari 10 aplikasi diatas yang menurut kamu terbaik dan cocok untuk kamu gunakan sebagai perekam layar di perangkat komputer atau laptop kamu.

Leave a Comment