Pengalaman Bang Jeki: Dari Kursus IELTS di Lister.co.id Hingga Raih Beasiswa Impian

zakky

Bisa bahasa Inggris di zaman sekarang seperti sudah jadi kebutuhan wajib. Kita bisa punya lebih banyak peluang sukses dengan menguasai bahasa internasional satu ini.

Tapi masalahnya, pelajaran bahasa Inggris termasuk jajaran pelajaran sulit untuk dikuasai seperti halnya matematika untuk beberapa orang (salah satunya saya).

Saya pun akhirnya banyak bertanya ke teman saya, Bang Jeki yang sekarang sedang bersiap mengambil beasiswa luar negeri dan sudah punya karir berpenghasilan dollar.

Nah, di sini saya akan sedikit banyak berbagi cerita Bang Jeki ke saya mengenai tips suksesnya bisa lolos beasiswa dan lancar berkarir di luar negeri:

Kenalan Dulu

Sebelum ke inti cerita, lebih baik kita kenalan dulu sama Bang Jeki (bukan nama asli, nama panggilan saja karena tampilan dan kiprahnya mirip Shanks di One Piece ^~^).

Kira-kira begini muka Bang Jeki (OnePiece – Shueisha)

Bang Jeki ini kenalan lama saya di dunia digital marketing. Dia spesialis SEO jalur otodidak, tanpa ikut workshop, semua murni ilmu jalanan langsung by praktek.

Walaupun sudah jago SEO, seperti kebanyakan orang sukses Bang Jeki ini masih punya keinginan belajar dan meningkatkan kemampuan diri yang tinggi.

Jadi dia bercita-cita untuk melanjutkan sekolah bisnis ke luar negeri sekaligus bekerja membangun karir di negeri orang.

Masalahnya kemampuan bahasa Inggris Bang Jeki ini pas-pasan. Tau yang diucapkan orang tapi tidak bisa menulis dengan baik apalagi berbicara dengan luwes dan PD.

Sehingga beberapa kesempatan beasiswa sering terlewat karena nilai tes IELTS-nya tidak bisa lebih dari 6.

Masalahnya selalu sama, grammar dan juga kemampuan speaking yang terbatas. Tapi Bang Jeki tidak menyerah begitu saja.

Usaha Bang Jeki Biar Bisa Bahasa Inggris

Berbekal pengalaman dan kemampuan belajar otodidak, Bang Jeki pun mencoba banyak cara supaya bisa jago bahasa Inggris.

Salah satunya dengan mengganti semua referensi bacaan, tontonan, dan lagu semua ke dalam bahasa inggris.

Bahkan untuk setting bahasa di setiap gadgetnya semua sudah dibuat ke dalam bahasa Inggris (kalo ini saya juga).

Bang Jeki juga sering praktek dan masuk ke grup-grup diskusi belajar bahasa Inggris di Facebook dan media online lainnya.

Sampai-sampai Bang Jeki pun memberanikan diri untuk membuat akun Fiverr, Upwork, dan website freelance luar negeri lain supaya bisa praktek langsung ketemu native speaker.

Ibarat iseng-iseng berhadiah, dapatlah Bang Jeki ini satu projek yang nilainya cukup besar.

Makin semangat dong, kapan lagi kesempatan belajar bisa dapat cuan. Tapi ternyata tidak semudah itu Ferguso.

Berbeda dengan projek biasa yang singkat dan tidak butuh banyak interaksi, projek ini ternyata harus koordinasi dan butuh komunikasi yang intens.

Alhasil, kemampuan bahasa inggris hasil otodidak Bang Jeki tidak lagi cukup. Akhirnya Bang Jeki pun memutuskan untuk meminta bantuan dari ChatGPT.

Chat GPT Bang Jeki untuk projek luar negeri (dokpri)

Singkat cerita projek ini selesai, tapi Bang Jeki sadar, biar bisa cuan besar, belajar otodidak saja tidak cukup. Jadi dia harus cari jalan lain untuk belajar.

Perjumpaan Dengan Lister

Perjuangan mencari cara meningkatkan kemampuan bahasa Inggris untuk beasiswa dan kerja pun berlanjut.

Hingga akhirnya semesta mendukung dan mempertemukan Bang Jeki dengan Lister.co.id.

Dari sekian banyak tempat kursus dan belajar yang ditemukan, Lister jadi pilihan Bang Jeki karena satu alasan.

Di Lister Bang Jeki bisa coba kelas secara gratis untuk satu kali pertemuan dalam durasi 30 menit.

Setelah mencoba kelas gratis inilah Bang Jeki tau dan tertarik untuk mengikuti kursus IELTS full sesuai dengan keinginannya.

Apalagi setelah melakukan riset mendalam, kursus IELTS di Lister ini punya banyak sekali keuntungan.

Salah satunya jaminan skor 7.5, nilai yang dirasa Bang Jeki jauh dari bayangannya setelah beberapa kali gagal tes IELTS.

Nilai Lebih Lister Menurut Bang Jeki

Selain itu masih ada beberapa keuntungan lain yang didapatkan Bang Jeki dari Lister dan program test preparation ini seperti:

  • Tutor profesional yang sudah jadi mahasiswa di universitas ternama luar negeri
  • Punya metode belajar sendiri yang buat pengalaman belajar jadi makin mudah dan menyenangkan.
  • Jadwal kursus fleksibel.
  • Standar kurikulumnya sudah mengikut standar Cambridge University.
  • Ada feedback langsung dari tutor
  • Garansi nilai tes
  • Pilihan program yang banyak.

Supaya lebih punya gambaran, Bang Jeki juga menjelaskan lagi seperti apa setiap keuntungan tersebut:

Tutor Profesional

Menurut Bang Jeki, semua tutor yang ada di Lister ini memang benar-benar orang yang sudah terjamin kualitas dan kompetensinya.

Karena sekitar 500+ tutor yang ada merupakan mahasiswa di kampus internasional yang tersebar di seluruh dunia.

Bahkan sebagian besar di antaranya merupakan penerima beasiswa dan sudah menyelesaikan studi dengan sangat baik.

Dari tutor inilah Bang Jeki bisa banyak berbagi pengalaman sekaligus belajar mengenai strategi untuk tembus beasiswa dan juga membuka peluang kerja di luar negeri.

Metode Belajar Lister

(Masih kata Bang Jeki) Salah satu kelebihan Lister yang tidak dimiliki tempat kursus lain adalah metode belajarnya yang unik dan menyenangkan.

Metode ini bernama LISTER yang merupakan akronim dari Learning Engagement, Introducing the Material, Students’ Exploration, Testing, Evaluation, and Reflection.

Saat bagian awal, para tutor biasnya mengajak peserta seperti Bang Jeki untuk tertarik dan mengenal konsep baru yang akan diajarkan.

Baru setelah itu mereka akan masuk ke bagian materi dan peserta mulai mendapat insight baru serta pemahaman konsep yang diajarkan.

Setelah mulai paham peserta kursus akan mendapat challange dari tutor untuk mengembangkan dan melihat sejauh mana para peserta ini memahami konsep.

Supaya semakin yakin dan paham diadakanlah tes singkat sebagai bentuk latihan sekaligus uji pemahaman para peserta terhadap konsep.

Saat semua sudah selesai, akan ada evaluasi dari para tutor untuk memaksimalkan pemahaman peserta sekaligus memperbaiki kesalahan yang terjadi atau saat miskonsepsi.

Kemudian di akhir biasanya akan ada refleksi yang menumbuhkan keinginan peserta untuk belajar dan mengevaluasi hasil belajar saat ini dan kedepannya.

Metode belajar seperti inilah yang selama ini belum Bang Jeki dapatkan saat belajar otodidak maupun dari tempat kursus IELTS lain yang dia cari.

Jadwal Fleksibel

Diantara sekian banyak hal dalam pemilihan tempat kursus, jadwal kursus jadi salah satu pertimbangan utama dari Bang Jeki.

Karena sebagai orang yang sudah berkarir bagus dan punya anak istri di rumah, jadwal termasuk satu hal yang krusial dan bahkan terkadang bisa jadi kendala.

Apalagi pekerjaan Bang Jeki ini tidak mengenal jam kerja, bisa satu hari penuh di depan laptop untuk mengurus satu pekerjaan.

Dengan jadwal kursus yang fleksibel dari Lister ini, Bang Jeki bisa lebih leluasa menentukan jadwal kapan kursus berlangsung.

Sehingga di satu hari tertentu Bang Jeki sudah menyiapkan waktu 90 menit untuk mengikuti kursus persiapan tes IELTS.

Kurikulum Kursus IELTS yang Standard Cambridge University

Karena tau IELTS dilakukan oleh Cambridge University, Bang Jeki langsung menetapkan hati memilih Lister sebagai tempat kursus.

Alasannya tidak lain karena kurikulum kursus yang ada di sini mengikut Standard Cambridge University.

Sehingga apa yang diajarkan bisa jadi keluar dalam tes resmi dan sangat membantu Bang Jeki mempelajari berbagai materi yang ada.

Ada Feedback dari Tutor

Hal lain yang membuat Bang Jeki tertarik memilih Lister adalah karena adanya feedback dari para tutor yang mengajar bahkan saat sesi gratisnya.

Lewat feedback ini Bang Jeki jadi tahu mana bagian yang salah, kenapa bagian ini salah, dan apa jawaban yang tepat sehingga pemahamannya bisa lebih mendalam.

Feedback inilah yang jarang Bang Jeki temukan di tempat kursus IELTS atau bahasa asing lainnya.

Garansi Nilai Tes IELTS

Informasi paling menarik yang Bang Jeki dapatkan dari tempat kursus ini tentu saja jaminan mendapat nilai tes tinggi setelah mengikuti kursus.

Kita bisa dapatkan hasil tes minimal 6.5 sampai 7.5 kalau sudah mengikut semua pertemuan dalam kursus IELTS tersebut (begitu kata Bang Jeki).

Banyak Pilihan Program dan Paket Bundling Kursus IELTS

Bang Jeki juga cerita untuk Program Kursus IELTS ini ada banyak sekali pilihan paket yang bisa kita pilih sesuai kebutuhan.

Mulai dari level pemula sampai yang advance, paket parsial atau komplit, hingga paket garansi nilai semua bisa kita pilih sendiri.

Kebetulan kebutuhan Bang Jeki untuk bisa studi di luar negeri, makanya dia mengambil Paket Bundling Flash, IELTS + PDVL, supaya dapat coaching untuk belajar di luar negeri.

Di program ini Bang Jeki dapat 12 kali pertemuan dengan durasi 90 menit termasuk dua kali coaching dan konsultasi untuk bisa studi ke luar negeri.

Singkat cerita, setelah selesai mengikuti kursus dan saran dari coach, Bang Jeki langsung mendaftar untuk tes IELTS sekaligus Beasiswa. Alhasil nilai tes IELTS yang dia dapatkan sekitar 7.25 kalau tidak salah.

Nilai tes inilah yang kemudian jadi bekal Bang Jeki untuk berani mendaftar sejumlah beasiswa luar negeri seperti di Technical University of Munich dan akhirnya lolos.

Sekarang Bang Jeki sudah selesai studi tapi untuk urusan pekerjaan sebagian besar berasal dari wilayah Eropa berkat channel kenalannya selama kuliah meskipun tinggal di Indonesia.

Caranya Bisa Seperti Bang Jeki

Itu tadi sedikit cerita dari Bang Jeki yang mungkin bisa kita ambil pelajaran. Salah satunya dengan mulai belajar bahasa Inggris lewat kursus IELTS.

Kalau kamu juga mau seperti Bang Jeki langsung saja cek website resmi Lister.co.id untuk memilih program kursus yang kamu butuhkan.

Apalagi di bulan Septermber ini masih ada promo spesial spekta, diskon 30% yang bisa kamu dapatkan lewat kode promo SPEKTA30.

Kamu juga bisa dapatkan promo dengan dengan memasukan kode BLOG23 saat pembelian.

Kalau kamu masih ada pertanyaan langsung saja hubungi Lister melalui whatsapp yang ada di dalam website mereka. (Jangan tanya saya, saya taunya sedikit aja dari Bang Jeki).

Jadi jangan ragu lagi untuk langsung daftar sekarang juga, sebelum masa promo ini habis. Siapa tau jalan mu menuju sukses bisa sama seperti Bang Jeki dengan kursus bersama Lister.

Disclaimer: Cerita ini berdasarkan pengalaman kisah nyata, jadi kalau ada kesamaan harap maklum karena memang benar begitu menguntungkannya kursus di Lister.

Update Artikel Terbaru di Google News Appharian.com

Also Read

Bagikan:

[addtoany]

Tags

Leave a Comment